Senin, 03 Februari 2014

Menu Makanan Diet Menurunkan Berat Badan

Hal penting dalam proses diet menurunkan berat badan adalah menyiapkan menu makanan diet menurunkan berat badan sebagai salah satu faktor penting dalam keberhasilan diet. Namun menyiapkan menu makanan diet menurunkan berat badan bukan perkara mudah, karena sebagai menu makanan diet harus memenuhi unsur unsur penting sebagai makanan sehat yang mampu membakar lemak, menambah metabolisme tubuh dan yang terpenting adalah mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting sehingga tubuh tidak kekurangan zat nutrisi penting lainnya. 

Diet sehat tidak hanya untuk menjaga berat badan, namun juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Bahan makanan yang sehat setidaknya memenuhi kriteria ini.

Keempat kriteria bahan makanan sehat adalah:

1. Merupakan sumber serat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya
2. Tinggi fitonutrien dan senyawa antioksidan, seperti vitamin A dan E, serta beta karoten
3. Dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya
4. Rendah kalori
 
Berbagai bahan menu makanan diet sehat yang mudah untuk disertakan dalam berbagai makanan untuk memenuhi menu makanan diet sehat sehari-hari seperti dikutip dari Mayoclinic, Senin (28/11/2011) antara lain:

1. Kacang almond
Kacang almond mengandung beberapa nutrisi, antara lain serat, riboflavin, magnesium, zat besi, dan kalsium. Bahkan, satu porsi, yaitu sekitar 7 almond memiliki lebih banyak kalsium daripada kacang lainnya.

Satu porsi juga menyediakan 15 persen dari Recommended Dietary Allowance (RDA) dari vitamin E. Seperti semua kacang-kacangan, almond menyediakan protein nabati, sehingga tidak perlu makan daging dengan jumlah yang banyak.

Kacang almond juga baik bagi kesehatan jantung. Sebagian besar lemak dalam almond adalah lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak tersebut merupakan suatu jenis lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Apel
Apel adalah sumber yang baik dari pektin. Pektin merupakan serat larut air yang dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Apel segar juga merupakan sumber vitamin C.

Vitamin C merupakan sebuah antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga pembuluh darah kapiler, dan membantu dalam penyerapan zat besi.

3. Blueberry
Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa blueberry sarat dengan senyawa fitonutrien yang dapat membantu mencegah penyakit kronis. Blueberry juga dapat meningkatkan memori jangka pendek.

Blueberry merupakan sumber kalori rendah, serat, dan vitamin C. Sekitar tigaperempat cangkir blueberry segar memiliki 2,7 gram serat dan 11 mg vitamin C.

4. Brokoli
Selain menjadi sumber yang baik untuk folat, brokoli mengandung fitonutrien. Fitonutrien merupakan sekelompok senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Brokoli juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C. Selain itu juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A yang terkait untuk memelihara kesehatan mata.

5. Kacang merah
Kacang merah merupakan sumber zat besi, fosfor, dan kalium. Kacang merah juga merupakan sumber rendah lemak yang sangat baik dari protein dan serat. Kacang merah juga mengandung fitonutrien.

6. Ikan salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 merupakan suatu jenis lemak yang mengurangi pembentukan bekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Asam lemak omega 3 juga dapat melindungi terhadap detak jantung yang tidak teratur yang dapat menyebabkan kematian jantung mendadak, dan juga membantu menurunkan kadar trigliserida, menurunkan pertumbuhan plak yang dapat menyumbat arteri, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke.

Selain mengandung omega 3, salmon rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta merupakan sumber protein yang baik.

7. Bayam
Bayam mengandung vitamin A dan C, serta folat. Bayam juga merupakan sumber magnesium. Senyawa dalam bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Dalam bayam ditemukan karotenoid, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan tersebut melindungi dari gangguan penglihatan yang terkait dengan usia, seperti degenerasi makula dan kebutaan malam, serta penyakit jantung, dan kanker tertentu.

8. Ubi jalar
Warna oranye kuning tua dari ubi jalar menunjukkan kandungan tinggi antioksidan beta karoten. Ubi jalar dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko beberapa kanker.

Selain menjadi sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C, ubi jalar juga merupakan sumber serat, vitamin B 6, dan kalium. Ubi jalar juga bebas lemak dan relatif rendah kalori.

9. Jus sayuran
Jus sayuran memiliki sebagian besar vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Jus tomat dan sayuran mengandung lycopene, yang merupakan sebuah antioksidan yang dapat mengurangi risiko serangan jantung, kanker prostat, dan mungkin jenis kanker lainnya.

Beberapa sayuran dan jus tomat sangat tinggi natrium, jadi pastikan untuk memilih jenis dengan kandungan natrium rendah.

10. Gandum
Gandum adalah sumber yang sangat baik dari thiamin, folat, fosfor, magnesium, dan seng. Gandum juga mengandung protein, serat, dan lemak. Kesepuluh jenis bahan makanan diatas dapat disajikan secara bersama-sama.
 
Selain mengatur menu makanan diet, anda juga perlu memahami cara diet yang baik dan benar. Hal ini penting diketahui agar hasil diet anda berjalan maksimal. Oleh karena itu beberapa tips diet sehat ini sebaiknya anda terapkan:

Untuk bisa menurunkan berat badan tersebut ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan yang berimbas pada penurunan berat badan seperti dikutip dari Fitbie, Minggu (25/12/2011):

1. Minum air putih lebih banyak

Penelitian menunjukkan bahwa, H2O (air) dapat menekan selera makan. Dalam sebuah studi oleh American Chemical Society, diet dengan minum air 3 kali sehari sebelum makan selama 12 minggu dapat menurunkan sekitar 5 kg lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan diet tersebut.

Air juga membuat tetap berenergi, sehingga akan memiliki kekuatan yang diperlukan untuk membakar kalori tambahan di gym, di lapangan tenis, atau di mana pun hari beraktifitas. Jika mengalami sedikit saja dehidrasi sudah dapat menyebabkan perasaan lelah.

2. Mengurangi makanan yang digoreng, seperti kentang goreng

Sebuah studi yang dilakukan selama 4 tahun pada efek dari gaya hidup terhadap berat badan menyatakan bahwa, kentang dan keripik kentang juga berkaitan erat dengan peningkatan berat badan. Makanan tersebut dapat diganti dengan sayuran segar yang lebih kaya serat dan rendah kalori.

3. Mengurangi gula tambahan

"Orang Amerika rata-rata mengonsumsi 475 kalori dari gula yang ditambahkan setiap hari," kata Rachel Johnson, RD, PhD, seorang profesor nutrisi di University of Vermont. Padahal menghilangkan gula tambahan dapat mengurangi asupan kalori dalam seminggu.

Tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam journal Public Health Nutrition menemukan bahwa konsumsi minuman dengan pemanis gula dapat menyumbang sekitar 20 persen dari berat badan. Untuk memangkas ratusan kalori dari makanan sehari-hari, dapat memeriksa label makanan yang dikonsumsi.

4. Waspada terhadap kalori tersembunyi

Para peneliti menemukan sekitar 19 persen dari makanan yang diuji mengandung setidaknya 100 hingga 1.000 kalori lebih banyak daripada apa yang dinyatakan pada label.

Penyebab terbesar dari kesalahan perhitungan kalori juga biasanya terjadi pada makanan yang sehat, misalnya salad dan sup. Oleh karena hal tersebut hal yang paling penting adalah memperhatikan setiap porsi makanan yang kita makan sehari-hari.

5. Banyak bergerak

Tidak semua kalori dapat dikurangi dengan memilih jenis makanan atau mengikuti diet sehat. Aktivitas fisik harian juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Jika mengangkat beban dan menjalankan treadmill tidak sempat dilakukan, dengan aktivitas fisik sederhana secara rutin pun dapat efektif menurunkan berat badan. Aktivitas fisik sederhana dapat dengan memperbanyak jalan kaki dalam rutinitas sehari-hari.

Dengan demikian kombinasi menu makanan diet dan cara diet yang baik dan benar akan menghasilkan tubuh yang sehat dan langsing. Itulah kunci sukses dan berhasil diet sehat. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...